JORGE LORENZO
Jorge Lorenzo Guerrero (lahir
di Palma de
Mallorca, Spanyol, 4 Mei 1987; umur 29 tahun),
merupakan seorang pembalapMotoGP asal Spanyol.
Saat ini ia bergabung di tim Movistar Yamaha MotoGP. Ia merupakan juara
dunia kelas 250cc tahun 2006 dan 2007. Tanggal
10 Oktober 2010, Jorge Lorenzo memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya walaupun hanya
finish ketiga di GP Malaysia.
Jorge Lorenzo memulai
kariernya di dunia MotoGP di kelas 125cc pada tahun 2002 pada seri Spanyol. Saat itu ia tidak
bisa mengikuti sesi latihan karena usianya tidak mencukupi, karena regulasi
MotoGP mengharuskan seorang pembalap minimal berusia 15 tahun untuk bisa turun
di MotoGP. Namun ia bisa mengikuti sesi kualifikasi kedua karena hari itu tepat
hari ulang tahunnya yang ke-15. Ia memenangi Grand Prix pertamanya di musim
berikutnya pada seri Rio de
Janeiro di Brasil.
Dua musim berikutnya yaitu
tahun 2005 ia turun di kelas 250cc, sejak saat itu ia mulai diperhitungkan
keberadaannya di dunia MotoGP, dengan meraih 6 kali podium di musim 2005. Pada
2006 ia berhasil meraih kemenangan balapan kelas 250cc nya diQatar. Di musim 2006 juga ia
berhasil meraih 8 kali kemenangan dan 10 pole position yang kemudian
mengantarnya menjadi juara dunia 250cc untuk pertama kalinya. Selanjutnya di
musim 2007 ia berhasil mempertahankan mahkota juara dunia 250cc setelah meraih
9 kali kemenangan dan 9 kali pole position.
Kemenangan Jorge di Misano pada
musim 2007 membuatnya tercatat sebagai pembalap Spanyol paling sukses di arena
kelas 250cc dengan total 16 kemenangan, atau satu kemenangan lebih banyak dari Daniel
Pedrosa dan Sito Pons.
Jorge Lorenzo
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jorge Lorenzo di Indianapolis Motor Speedway tahun 2010.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kebangsaan
|
Spanyol
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lahir
|
4 Mei 1987 (umur 29)
Palma de Mallorca, Spanyol |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tim saat ini
|
Movistar Yamaha MotoGP
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No. motor
|
99
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Situs web
|
jorgelorenzo.com
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
MotoGP
Pada 25 Juli 2007 ia menandatangani kontrak dengan Fiat
Yamaha dan menjadi rekan Valentino
Rossi untuk musim 2008 dan
2009. Pada seri pertamanya di
kelas MotoGP 2008 ia langsung merebut pole position, dan membuat ia menjadi
orang kedua yang melakukan itu sejak Max Biaggi melakukannya pada tahun 1998. Tiga
seri berikutnya ia mempertahankan pole position-nya dan memenangi kelas MotoGP
untuk pertama kali di sirkuit
Estoril, Portugal. Di seri selanjutnya di MotoGP Grand Prix of China ia mengalami kecelakaan hebat pada
sesi latihan sehingga membuatnya tidak bisa membalap secara fit di balapan
tersebut, walaupun akhirnya secara brilian ia mampu finish keempat saat lomba. Selanjutnya di seri Le Mans,
lagi-lagi Lorenzo mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas, namun secara
brilian pula ia bisa balapan dan finish kedua. Kesialan belum berakhir dari
Lorenzo saat ia kembali lagi mengalami kecelakaan di seri Mugello, dan
puncaknya di Sirkuit
Catalunya saat ia lagi-lagi
terjatuh dan akhirnya menyebabkannya gagal mengikuti balapan.
Lorenzo kemudian kembali turun
balapan di Donington Park dan berakhir dengan finish di P6.
Hasil yang sama ia bukukan kembali di seri selanjutnya di Assen, sebelum
akhirnya lagi-lagi mengalami kecelakaan di seri Jerman. Kemudian di seri Laguna Seca Lorenzo kembali lagi mengalami
kecelakaan hebat saat balapan, yang membuatnya kemudian disebut sebagai
pembalap rookie MotoGP yang paling banyak mengalami kecelakaan. Lorenzo
kemudian meraih dua podium di San Marino dan Indianapolis. Secara keseluruhan
ia berada di P4 klasemen musim 2008 dengan 190 poin.
Masuk ke musim 2009, Jorge
Lorenzo tampil semakin kuat dan matang, ia terus menempel ketat seniornya di
tim Yamaha, Valentino
Rossisepanjang musim. Di
musim 2009, Lorenzo tampil sebagai juara di empat balapan (Jepang, Perancis,
Indianapolis, dan Portugal). Ia juga mampu meraih 5 kali pole dan total 12
podium. Di akhir musim Lorenzo berada di P2 klasemen dengan raihan 261 poin.
Tanggal 25 Agustus 2009, Jorge
Lorenzo mengakhiri gosip tentang peluang kepindahan dirinya ke Honda atau Ducati untuk musim 2010 dengan menandatangani
perpanjangan kontrak bersama Yamaha. Ducati
dilaporkan menawari Lorenzo dengan kontrak bernilai 15 juta dollar semusim
untuk menjadi rekan setim Casey
Stoner di musim 2010, namun
Lorenzo akhirnya lebih memilih untuk bertahan di Yamaha.
Lorenzo sempat mengalami
cedera ringan di tangan karena mengalami kecelakaan saat pra-musim 2010. Ia
kemudian memilih untuk tidak mengikuti beberapa sesi tes di awal musim. Pada
balapan pertama di Qatar, Lorenzo mampu
finish kedua di belakang Rossi, sekalipun kondisi tubuhnya sebenarnya tidak
memungkinkannya untuk membalap. Segera setelah Rossi dipastikan absen beberapa
seri akibat cedera karena kecelakaan di Mugello, Yamaha kemudian membekali
Lorenzo agar bisa menjadi penantang gelar juara dunia 2010. Setelah meraih
empat kemenangan dari enam lomba awal, Lorenzo naik ke puncak klasemen dan ia
memiliki selisih 47 angka atas saingannya di P2. Kemenangan di Assen kemudian
mengantarkan Lorenzo menjadi pembalap ketujuh yang mampu meraih kemenangan di
sirkuit legendaris itu dalam tiga kelas yang berbeda. Di paruh musim kedua, Daniel Pedrosa
tampil sebagai penantang serius untuk perebutan gelar juara dunia, sampai
akhirnya datang musibah bagi Pedrosa saat ia mengalami kecelakaan di Jepang, yang
mengharuskannya absen di dua lomba. Jorge Lorenzo akhirnya mengunci gelar juara
dunia MotoGP 2010 setelah finish ketiga di Sepang, Kuala
Lumpur di belakang Valentino
Rossi dan Andrea
Dovizioso. Ia menjadi orang
Spanyol pertama sejak Alex
Criville di 1999 yang mampu
menjadi juara dunia MotoGP. Usai lomba, Daniel Pedrosa yang masih menjalani
pengobatan di Spanyol kemudian menelepon Lorenzo dan mengucapkan selamat atas
kemenangannya sebagai juara dunia MotoGP 2010.
Pada tahun 2015 Lorenzo
kembali juara dunia. Dengan dibantu oleh Marc Marquez, Lorenzo kembali berhasil
menjadi Juara Dunia ke 3 dalam karirnya. Ini merupakan sejarah pertama kali
seorang Juara Dunia Moto GP dibantu oleh kawan senegara meskipun berbeda
pabrikan. Marquez yang berasal dari pabrikan Honda berhasil membantu Lorenzo
dalam meraih Juara Moto GP yang ke 3 dengan mengusik Valentino Rossi yang
merupakan teman se tim Lorenzo, pada tahun 2016 kemungkinan Lorenzo akan
membalas budi Marquez dengan membantunya meraih Juara Dunia. Valentino Rossi
yang pada tahun 2015 memimpin klasemen dari awal musim hingga pada akhirnya
harus kalah pada akhir musim karena ulah Lorenzo dan Marquez.
Lorenzo dikenal memiliki
semangat dan rasa humor yang tinggi saat merayakan kemenangannya, utamanya saat
ia mendominasi musim 2010. Beberapa selebrasi kemenangan Lorenzo di musim 2010
antara lain menjadi pegolf, astronot, dan
membawa dua maskot Mario dari serial Nintendo Mario
Bersaudara saat ia memastikan
diri sebagai juara dunia 2010 di Malaysia.
Rivalitas
Perjalanan
Jorge Lorenzo di musim 2010 diwarnai juga dengan rivalitas antara dirnya dan Valentino
Rossi di tim Fiat Yamaha. Rossi pernah sekali menyebutkan bahwa:
"tidak benar jika dua pembalap dalam satu tim itu bersahabat."
Kemudian setelah Lorenzo menjadi juara dunia 2010, Rossi kemudian kembali
berujar bahwa Jorge Lorenzo perlu motivasi baru untuk bisa membuatnya terus
bersemangat dalam mempertahankan gelar juara dunianya di musim 2011 mendatang.
Amal
Pada
bulan Januari 2010, Jorge Lorenzo terlibat ikut serta dalam konfederasi
internasional Oxfam untuk membantu korban bencana alam gempa bumi Haiti 2010.
Statistik karier
Musim
ke musim
Musim
|
Kelas
|
Motor
|
Tim
|
Balapan
|
Menang
|
Podium
|
Pole
|
FLap
|
Poin
|
Klasemen
|
2002
|
125cc
|
Derbi RS 125
|
14
|
0
|
0
|
0
|
0
|
21
|
ke-21
|
|
2003
|
125cc
|
Derbi RS 125
|
16
|
1
|
2
|
1
|
1
|
79
|
ke-12
|
|
2004
|
125cc
|
Derbi RSA 125
|
16
|
3
|
7
|
2
|
2
|
179
|
ke-4
|
|
2005
|
250cc
|
Honda RS250RW
|
15
|
0
|
6
|
4
|
0
|
167
|
ke-5
|
|
2006
|
250cc
|
Aprilia RSW 250
|
16
|
8
|
11
|
10
|
1
|
289
|
ke-1
|
|
2007
|
250cc
|
Aprilia RSW 250
|
17
|
9
|
12
|
9
|
3
|
312
|
ke-1
|
|
2008
|
MotoGP
|
Yamaha YZR-M1
|
Yamaha-YMR
|
17
|
1
|
6
|
4
|
1
|
190
|
ke-4
|
2009
|
MotoGP
|
Yamaha YZR-M1
|
Yamaha-YMR
|
17
|
4
|
12
|
5
|
4
|
261
|
ke-2
|
2010
|
MotoGP
|
Yamaha YZR-M1
|
Yamaha-YMR
|
18
|
9
|
16
|
7
|
4
|
383
|
ke-1
|
2011
|
MotoGP
|
Yamaha YZR-M1
|
Yamaha-YMR
|
15
|
3
|
10
|
2
|
2
|
260
|
ke-2
|
2012
|
MotoGP
|
Yamaha YZR-M1
|
Yamaha-YMR
|
18
|
6
|
16
|
7
|
5
|
350
|
ke-1
|
2013
|
MotoGP
|
Yamaha
YZR-M1
|
Yamaha Factory Racing
|
17
|
8
|
14
|
4
|
2
|
330
|
ke-2
|
2014
|
MotoGP
|
Yamaha
YZR-M1
|
Movistar Yamaha MotoGP
|
18
|
2
|
11
|
1
|
2
|
263
|
ke-3
|
2015
|
MotoGP
|
Yamaha
YZR-M1
|
Movistar Yamaha MotoGP
|
18
|
7
|
12
|
5
|
6
|
330
|
ke-1
|
Total
|
232
|
61
|
135
|
61
|
33
|
3429
|
Kelas
ke kelas
Kelas
|
Musim
|
GP Prtm
|
Pod Prtm
|
Mng Prtm
|
Balapan
|
Menang
|
Podium
|
Pole
|
FLap
|
Poin
|
JDunia
|
125 cc
|
2002–2004
|
Spanyol 2002
|
Brasil 2003
|
Brasil 2003
|
46
|
4
|
9
|
3
|
3
|
279
|
0
|
250 cc
|
2005–2007
|
Spanyol 2005
|
Italia 2005
|
Spanyol 2006
|
48
|
17
|
29
|
23
|
4
|
768
|
2
|
MotoGP
|
2008–sekarang
|
Qatar 2008
|
Qatar 2008
|
Portugal 2008
|
85
|
23
|
60
|
25
|
16
|
1444
|
2
|
Total
|
2002–sekarang
|
179
|
44
|
98
|
51
|
23
|
2491
|
4
|
Lorenzo's Photo :
Lorenzo's social media :
(Refa)
0 comments:
Post a Comment
Terimakasih telah berkunjung di blog Refa ^^
Tinggalkan jejakmu di kolom komentar.
Kritikan, saran dan pertanyaan dari pembaca, akan membangun kami dan membuat kami semangat berkarya.
Jangan sungkan-sungkan menuliskan secarik idemu di komentar.
Kutunggu kedatanganmu selanjutnya di blogku :)