Biodata dan Fakta Jorge Lorenzo

JORGE LORENZO




Jorge Lorenzo Guerrero (lahir di Palma de Mallorca, Spanyol, 4 Mei 1987; umur 29 tahun), merupakan seorang pembalapMotoGP asal Spanyol. Saat ini ia bergabung di tim Movistar Yamaha MotoGP. Ia merupakan juara dunia kelas 250cc tahun 2006 dan 2007. Tanggal 10 Oktober 2010, Jorge Lorenzo memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya walaupun hanya finish ketiga di GP Malaysia.

Jorge Lorenzo memulai kariernya di dunia MotoGP di kelas 125cc pada tahun 2002 pada seri Spanyol. Saat itu ia tidak bisa mengikuti sesi latihan karena usianya tidak mencukupi, karena regulasi MotoGP mengharuskan seorang pembalap minimal berusia 15 tahun untuk bisa turun di MotoGP. Namun ia bisa mengikuti sesi kualifikasi kedua karena hari itu tepat hari ulang tahunnya yang ke-15. Ia memenangi Grand Prix pertamanya di musim berikutnya pada seri Rio de Janeiro di Brasil.

Dua musim berikutnya yaitu tahun 2005 ia turun di kelas 250cc, sejak saat itu ia mulai diperhitungkan keberadaannya di dunia MotoGP, dengan meraih 6 kali podium di musim 2005. Pada 2006 ia berhasil meraih kemenangan balapan kelas 250cc nya diQatar. Di musim 2006 juga ia berhasil meraih 8 kali kemenangan dan 10 pole position yang kemudian mengantarnya menjadi juara dunia 250cc untuk pertama kalinya. Selanjutnya di musim 2007 ia berhasil mempertahankan mahkota juara dunia 250cc setelah meraih 9 kali kemenangan dan 9 kali pole position.


Kemenangan Jorge di Misano pada musim 2007 membuatnya tercatat sebagai pembalap Spanyol paling sukses di arena kelas 250cc dengan total 16 kemenangan, atau satu kemenangan lebih banyak dari Daniel Pedrosa dan Sito Pons.


Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo di Indianapolis  Motor Speedway tahun 2010.
Kebangsaan
Spanyol
Lahir
4 Mei 1987 (umur 29)
Palma de Mallorca, Spanyol
Tim saat ini
Movistar Yamaha MotoGP
No. motor
99
Situs web
jorgelorenzo.com
Statistik karier
Kejuaraan dunia kelas MotoGP
Tahun aktif
2008–sekarang
Pabrikan
Yamaha
Juara dunia
3 (2010, 2012, 2015)
Klasemen 2015
Juara (330 poin)
Start
Menang
Podium
Pole
F. lap
Poin
137
39
96
34
25
2342
Kejuaraan dunia kelas 250cc
Tahun aktif
20052007
Pabrikan
Honda (2005)
Aprilia (20062007)
Juara dunia
2 (2006, 2007)
Klasemen 2007
Juara (312 poin)
Start
Menang
Podium
Pole
F. lap
Poin
48
17
29
23
4
768
Kejuaraan dunia kelas 125cc
Tahun aktif
20022004
Pabrikan
Derbi
Juara dunia
0
Klasemen 2004
Posisi 4 (179 poin)
Start
Menang
Podium
Pole
F. lap
Poin
46
4
9
3
3
279



MotoGP

Pada 25 Juli 2007 ia menandatangani kontrak dengan Fiat Yamaha dan menjadi rekan Valentino Rossi untuk musim 2008 dan 2009. Pada seri pertamanya di kelas MotoGP 2008 ia langsung merebut pole position, dan membuat ia menjadi orang kedua yang melakukan itu sejak Max Biaggi melakukannya pada tahun 1998. Tiga seri berikutnya ia mempertahankan pole position-nya dan memenangi kelas MotoGP untuk pertama kali di sirkuit Estoril, Portugal. Di seri selanjutnya di MotoGP Grand Prix of China ia mengalami kecelakaan hebat pada sesi latihan sehingga membuatnya tidak bisa membalap secara fit di balapan tersebut, walaupun akhirnya secara brilian ia mampu finish keempat saat lomba. Selanjutnya di seri Le Mans, lagi-lagi Lorenzo mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas, namun secara brilian pula ia bisa balapan dan finish kedua. Kesialan belum berakhir dari Lorenzo saat ia kembali lagi mengalami kecelakaan di seri Mugello, dan puncaknya di Sirkuit Catalunya saat ia lagi-lagi terjatuh dan akhirnya menyebabkannya gagal mengikuti balapan.



Lorenzo kemudian kembali turun balapan di Donington Park dan berakhir dengan finish di P6. Hasil yang sama ia bukukan kembali di seri selanjutnya di Assen, sebelum akhirnya lagi-lagi mengalami kecelakaan di seri Jerman. Kemudian di seri Laguna Seca Lorenzo kembali lagi mengalami kecelakaan hebat saat balapan, yang membuatnya kemudian disebut sebagai pembalap rookie MotoGP yang paling banyak mengalami kecelakaan. Lorenzo kemudian meraih dua podium di San Marino dan Indianapolis. Secara keseluruhan ia berada di P4 klasemen musim 2008 dengan 190 poin.

Masuk ke musim 2009, Jorge Lorenzo tampil semakin kuat dan matang, ia terus menempel ketat seniornya di tim Yamaha, Valentino Rossisepanjang musim. Di musim 2009, Lorenzo tampil sebagai juara di empat balapan (Jepang, Perancis, Indianapolis, dan Portugal). Ia juga mampu meraih 5 kali pole dan total 12 podium. Di akhir musim Lorenzo berada di P2 klasemen dengan raihan 261 poin.



Tanggal 25 Agustus 2009, Jorge Lorenzo mengakhiri gosip tentang peluang kepindahan dirinya ke Honda atau Ducati untuk musim 2010 dengan menandatangani perpanjangan kontrak bersama Yamaha. Ducati dilaporkan menawari Lorenzo dengan kontrak bernilai 15 juta dollar semusim untuk menjadi rekan setim Casey Stoner di musim 2010, namun Lorenzo akhirnya lebih memilih untuk bertahan di Yamaha.

Lorenzo sempat mengalami cedera ringan di tangan karena mengalami kecelakaan saat pra-musim 2010. Ia kemudian memilih untuk tidak mengikuti beberapa sesi tes di awal musim. Pada balapan pertama di Qatar, Lorenzo mampu finish kedua di belakang Rossi, sekalipun kondisi tubuhnya sebenarnya tidak memungkinkannya untuk membalap. Segera setelah Rossi dipastikan absen beberapa seri akibat cedera karena kecelakaan di Mugello, Yamaha kemudian membekali Lorenzo agar bisa menjadi penantang gelar juara dunia 2010. Setelah meraih empat kemenangan dari enam lomba awal, Lorenzo naik ke puncak klasemen dan ia memiliki selisih 47 angka atas saingannya di P2. Kemenangan di Assen kemudian mengantarkan Lorenzo menjadi pembalap ketujuh yang mampu meraih kemenangan di sirkuit legendaris itu dalam tiga kelas yang berbeda. Di paruh musim kedua, Daniel Pedrosa tampil sebagai penantang serius untuk perebutan gelar juara dunia, sampai akhirnya datang musibah bagi Pedrosa saat ia mengalami kecelakaan di Jepang, yang mengharuskannya absen di dua lomba. Jorge Lorenzo akhirnya mengunci gelar juara dunia MotoGP 2010 setelah finish ketiga di Sepang, Kuala Lumpur di belakang Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso. Ia menjadi orang Spanyol pertama sejak Alex Criville di 1999 yang mampu menjadi juara dunia MotoGP. Usai lomba, Daniel Pedrosa yang masih menjalani pengobatan di Spanyol kemudian menelepon Lorenzo dan mengucapkan selamat atas kemenangannya sebagai juara dunia MotoGP 2010.

Pada tahun 2015 Lorenzo kembali juara dunia. Dengan dibantu oleh Marc Marquez, Lorenzo kembali berhasil menjadi Juara Dunia ke 3 dalam karirnya. Ini merupakan sejarah pertama kali seorang Juara Dunia Moto GP dibantu oleh kawan senegara meskipun berbeda pabrikan. Marquez yang berasal dari pabrikan Honda berhasil membantu Lorenzo dalam meraih Juara Moto GP yang ke 3 dengan mengusik Valentino Rossi yang merupakan teman se tim Lorenzo, pada tahun 2016 kemungkinan Lorenzo akan membalas budi Marquez dengan membantunya meraih Juara Dunia. Valentino Rossi yang pada tahun 2015 memimpin klasemen dari awal musim hingga pada akhirnya harus kalah pada akhir musim karena ulah Lorenzo dan Marquez.

Lorenzo dikenal memiliki semangat dan rasa humor yang tinggi saat merayakan kemenangannya, utamanya saat ia mendominasi musim 2010. Beberapa selebrasi kemenangan Lorenzo di musim 2010 antara lain menjadi pegolf, astronot, dan membawa dua maskot Mario dari serial Nintendo Mario Bersaudara saat ia memastikan diri sebagai juara dunia 2010 di Malaysia.



Rivalitas

Perjalanan Jorge Lorenzo di musim 2010 diwarnai juga dengan rivalitas antara dirnya dan Valentino Rossi di tim Fiat Yamaha. Rossi pernah sekali menyebutkan bahwa: "tidak benar jika dua pembalap dalam satu tim itu bersahabat." Kemudian setelah Lorenzo menjadi juara dunia 2010, Rossi kemudian kembali berujar bahwa Jorge Lorenzo perlu motivasi baru untuk bisa membuatnya terus bersemangat dalam mempertahankan gelar juara dunianya di musim 2011 mendatang.



Amal

Pada bulan Januari 2010, Jorge Lorenzo terlibat ikut serta dalam konfederasi internasional Oxfam untuk membantu korban bencana alam gempa bumi Haiti 2010.



Statistik karier

Musim ke musim

Musim
Kelas
Motor
Tim
Balapan
Menang
Podium
Pole
FLap
Poin
Klasemen
2002
125cc
Derbi RS 125
14
0
0
0
0
21
ke-21
2003
125cc
Derbi RS 125
16
1
2
1
1
79
ke-12
2004
125cc
Derbi RSA 125
16
3
7
2
2
179
ke-4
2005
250cc
Honda RS250RW
15
0
6
4
0
167
ke-5
2006
250cc
Aprilia RSW 250
16
8
11
10
1
289
ke-1
2007
250cc
Aprilia RSW 250
17
9
12
9
3
312
ke-1
2008
MotoGP
Yamaha YZR-M1
Yamaha-YMR
17
1
6
4
1
190
ke-4
2009
MotoGP
Yamaha YZR-M1
Yamaha-YMR
17
4
12
5
4
261
ke-2
2010
MotoGP
Yamaha YZR-M1
Yamaha-YMR
18
9
16
7
4
383
ke-1
2011
MotoGP
Yamaha YZR-M1
Yamaha-YMR
15
3
10
2
2
260
ke-2
2012
MotoGP
Yamaha YZR-M1
Yamaha-YMR
18
6
16
7
5
350
ke-1
2013
MotoGP
Yamaha YZR-M1
Yamaha Factory Racing
17
8
14
4
2
330
ke-2
2014
MotoGP
Yamaha YZR-M1
Movistar Yamaha MotoGP
18
2
11
1
2
263
ke-3
2015
MotoGP
Yamaha YZR-M1
Movistar Yamaha MotoGP
18
7
12
5
6
330
ke-1
Total
232
61
135
61
33
3429



 

Kelas ke kelas

Kelas
Musim
GP Prtm
Pod Prtm
Mng Prtm
Balapan
Menang
Podium
Pole
FLap
Poin
JDunia
125 cc
2002–2004
Spanyol 2002
Brasil 2003
Brasil 2003
46
4
9
3
3
279
0
250 cc
2005–2007
Spanyol 2005
Italia 2005
Spanyol 2006
48
17
29
23
4
768
2
MotoGP
2008–sekarang
Qatar 2008
Qatar 2008
Portugal 2008
85
23
60
25
16
1444
2
Total
2002–sekarang
179
44
98
51
23
2491
4



Lorenzo's Photo :


Lorenzo's social media :



(Refa)

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di blog Refa ^^
Tinggalkan jejakmu di kolom komentar.
Kritikan, saran dan pertanyaan dari pembaca, akan membangun kami dan membuat kami semangat berkarya.
Jangan sungkan-sungkan menuliskan secarik idemu di komentar.
Kutunggu kedatanganmu selanjutnya di blogku :)

Back
to top